Senin, 08 Desember 2014

Tujuh Manfaat Sedekah

Dalam kehidupan sosial, kita selalu mendapati bahwa fakta setiap orang yang berbuat kebaikan akan mendapatkan imbalan dari kebaikannya. Imabalan itu bisa dalam betuk uang, penghargaan, apresiasi, dukungan, dan sebagainnya.
Begitu pula bila perbuatan itu dikembalikan kepada Allah Subhanahu Wata’ala, ia akan mendapatkan balasan, Allah Subhanahu Wata’ala berfirman dalam surat al Zalzalah ayat 7- 8;
فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْراً يَرَهُ
وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرّاً يَرَهُ
”Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasanya) nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasanya) nya pula.”
Beberapa waktu yang lalu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa memberi manfaat kepada oranglain merupakan sebuah kekuatan yang mampu mengantarkan seseorang meraih kesuksesan. Deepak Chopra dalam 7 Spiritual Law of Succes sampai mencantumkan “Law of Giving” sebagai hukum kedua agar seseorang meraih kesuksesan.
“Maka beruntunglah bagi orang yang Allah menjadikan kunci- kunci kebaikan lewat kedua tangannya, dan celaka bagi orang- orang yang Allah Subhanahu Wata’ala menjadikan kunci- kunci kejahatan lewat dua tangannya.” (HR. Ibnu Majjah).
Beberapa Manfaat Berbagi
Pertama, mengundang datangnya rezeki. Memberikan berkah pada harta yang ada pada kita, menjauhkan pada bencana, serta menambah keuntungan. Khalifah Ali bin Abi Thalib menyatakan, “Pancinglah rezeki dengan sedekah”.
Kedua, dapat menolak bala. Menjauhkan dari api neraka dan melepaskannya dari kepicikan dunia akhirat. Menjadi naungan di hari kiamat nanti.
Ketiga, bisa menyembuhkan penyakit. Menghilangkan kesalahan dan membersihkan kecemaran serta mensucikan dari dosa.
Keempat, dapat menunda kematian dan memperpanjang umur.
Kelima, sedekah dapat mendatangkan pertolongan yang diperlukan dalam usaha yang dikerjakan.
Keenam, sedekah dapat meruntuhkan segala benteng setan dan mematahkan segala kekurangan mereka.
Ketujuh, sedekah memupuk cinta kasih terhadap sesama.*
http://www.hidayatullah.com/kajian/oase-iman/read/2014/12/04/34368/tujuh-manfaat-sedekah.html#.VIYVqJ520r8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar