Jumat, 28 November 2014

Mengunggah Terlalu Banyak Foto Selfie Merusak Hubungan

Berbagi terlalu banyak foto selfie pada media sosial dapat menyebabkan penurunan keintiman dan kasih sayang dengan orang-orang terdekat kita, kata satu penelitian.
Menurut para peneliti Inggris, orang-orang yang mengunggah terlalu banyak foto dirinya di media sosial menghadapi risiko rusaknya hubungan dalam kehidupan nyata.
“Orang-orang yang terus-menerus berbagi berfoto selfie, selain teman-teman yang sangat dekat dan kerabat, tampaknya bukan kepada orang yang selalu memiliki hubungan baik,” kata pemimpin peneliti David Houghton dari Birmingham Business School di University of Birmingham.
Para peneliti menemukan bahwa peningkatan berbagi foto diri mendorong menurunnya tingkat dukungan –yang terlihat dalam kategori “likes”– dari teman dan kolega.
“Perlu diingat bahwa informasi yang diposting ke teman-teman di Facebook, benar-benar akan dilihat oleh berbagai kategori orang. Setiap kelompok tampaknya mengambil pandangan yang berbeda terhadap informasi yang dibagi tersebut,” jelas Houghton.
Dia juga menemukan bahwa rekan-rekan dalam media sosial kurang memberi dukungan ketika orang yang berbagi lebih banyak menampilkan foto dari teman dibanding keluarga.
“Perempuan muda barangkali yang paling banyak mendapat dukungan dalam bentuk ‘likes’ di Facebook. Pengguna yang lebih tua dan laki-laki mendapat dukungan lebih sedikit jika mereka berbagi secara online,” kata studi tersebut yang dilansir India Today, Senin (22/9/2014).
http://www.hidayatullah.com/iptekes/saintek/read/2014/09/23/30080/mengunggah-terlalu-banyak-foto-selfie-merusak-hubungan.html#.VHklyZ520r8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar