Selasa, 20 Januari 2015

Mengatasi Komputer Tidak Mau Menyala 2



Oke kali ini saya akan menyambung artikel saya yang dulu mengenai cara mengatasi komputer yang tidak menyala. Setelah semua hal yang saya jelaskan di artikel sebelumnya sudah kalian lakukan tapi komputer masih juga tidak mau menyala, maka hal berikutnya yang kalian lakukan adalah mengecek switch power CPU.
Tapi sebelumnya casing bagian depan dan samping harus dibuka terlebih dahulu. Kalau di PC saya cara membuka casing bagian depan cukup menarik bagian bawah casing ke arah depan hingga semua kuncian terlepas semua. Setelah casing bagian depan terlepas nanti akan terlihat seperti ini.

Penampakan akan berbeda pada casing yang berbeda. Tapi itu tidaklah penting, karena kita hanya akan fokus pada gambar benda yang dilingkari. Ini adalah gambar switch power CPU. Untuk mengecek apakah switch ini masih berfungsi atau tidak dengan cara melepas socket kabel front panel yang menghubungkan antara switch power dengan motherboard. Setelah socket terlepas lalu hubungkan dua konektor power di motherboard.

Untuk menghubungkan saya menggunakan ujung obeng min yang berukuran agak kecil. Tapi jangan lupa sebelumnya CPU harus dalam keadaan teraliri listrik. Jika CPU menyala maka bisa dipastikan switch power sudah waktunya diganti. Cukup dilepas dan dibawa ke toko elektronik. Meskipun komponen komputer tapi justru tidak ada di toko komputer. Harganya sekitar Rp 1000- Rp 2000.
Nah pertanyaan selanjutnya bagaimana jika setelah kedua konektor power di motherboard dihubungkan tapi CPU belum menyala juga?. Maka berikutnya yang jadi perhatian adalah PSU ( Power Supply Unit). Untuk mengeceknya relatif mudah, cukup lepas socketnya seperti gambar.
Setelah itu hubungkan konektor kabel warna hijau dengan konektor kabel warna hitam, bisa yang mana saja asal warna hijau dan hitam. Untuk menghubungkan bisa menggunakan seutas kabel. Dan lagi-lagi CPU harus terhubung lebih dulu pada stop kontak.
Jika saat kedua konektor kabel dihubungkan kipas PSU menyala maka PSU masih berfungsi. Tapi jika tidak menyala PSU dipastikan harus diganti.
Ketika semua hal yang sudah dijelaskan tadi sudah dilakukan tapi CPU belum bisa menyala juga, kemungkinan ada masalah di motherboard. Tapi saya jarang mengalaminya. Jika komputer tidak menyala yang sering saya temui bermasalah adalah switch dan PSU.
Oke cukup sampai di sini dulu artikel kali ini, semoga lain kali ada kesempatan untuk berbagi lagi.
Referensi: pengalaman pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar