Selasa, 10 Februari 2015

Hati-hati, Ada Malware di Google Play Store Android

Malware jenis baru ditemukan dan menginfeksi jutaan smartphone di seluruh dunia. Malware ini kabarnya muncul pada aplikasi populer melalui Google Play Store.
Dilansir Trustedreviews, Kamis (5/2/2015), Avast, salah satu perusahaan software antivirus mengungkap informasi tersebut. Menurut perusahaan, malware ini menyebar di jutaan smartphone di sejumlah negara di dunia.
Salah satu aplikasi yang terinfeksi ialah permainan kartu yang bernama Durak. Aplikasi game tersebut tercatat sudah terunduh sebanyak 5-10 juta kali.
Saat pengguna meng-install aplikasi yang terinfeksi, ponsel Android pengguna menunjukkan perilaku normal selama 30 hari. Setelah 30 hari, maka malware mulai bekerja mengganggu pengguna melalui smartphone yang terinfeksi tersebut.
Pengguna akan diserbu dengan iklan setiap waktu saat membuka ponsel. Aplikasi tersebut akan memperingatkan pengguna terkait problem keamanan dan menyebut ponsel Anda sudah kadaluarsa.
Dalam kondisi tersebut, pengguna ditawarkan sebuah tombol untuk membantu memperbaiki masalah pada ponsel. Bila pengguna mengikuti tawaran itu, maka pengguna dibawa ke software berbahaya pada toko aplikasi palsu. Malware akan dapat mengirimkan pesan SMS premium atau mengoleksi data penting pengguna.
http://www.lasdipo.com/teknologi/2015/02/08/hati-hati-ada-malware-di-google-play-store-android.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar