Kamis, 04 Agustus 2016

Pemasangan kipas CPU

Sirkulasi udara yang lancar membuat PC saya jadi lebih adem. Ya, itulah yang baru saya alami. Sebelumnya saya menerapkan pemasangan kipas CPU secara amburadul tanpa memikirkan sirkulasi udara yang benar. Akibatnya udara dalam CPU menjadi bertabrakan. Sehingga tidak terjadi penurunan suhu yang optimal. Padahal di dalam CPU ada 6 kipas total, tapi suhu dalam CPU tetap panas.
Setelah memahami kaidah bahwa udara panas selalu naik ke atas, maka saya menerapkan aliran udara satu arah. Pertama kipas yang di depan (sekaligus sebagai pendingin harddisk) kipas 1 mengalirkan udara masuk sambil membuang panas hardisk. 

Lalu udara panas dari harddisk tadi mengalir ke atas dan dikeluarkan kipas nomor 2 dan 3.
Pada kipas nomor 3 biasanya digunakan sebagai aliran udara masuk. Tapi di sini saya gunakan sebagai aliran udara keluar karena untuk membuang udara panas yang naik ke atas.

Setelah saya menerapkan cara ini suhu harddisk, prosesor dan motherboard mengalami penurunan yang siknifikan. Jika sebelumnya pada penggunaan normal suhu harddisk berkisar 44°c, sekarang kurang dari 40ºc. Suhu prosesor jika sebelumnya 41ºc kini berkisar 37ºc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar