Jumat, 13 Desember 2013

Mengatasi settingan BIOS yang kembali ke awal



Mungkin ada yang pernah mengalami masalah dengan settingan BIOS yang kembali pada settingan awal. Dan saat komputer booting ada perintah tekan F1 untuk melanjutkan. Jangan dulu berfikir bahwa bios motherboard perlu di upgrade atau motherboard rusak. Hal ini terjadi karena baterai CMOS komputer kita sudah tidak bisa digunakan lagi dan harus diganti dengan yang baru. Tenang saja harganya tidak mahal kok, yang biasa hanya 5 ribuan, sedang yang agak bagus 10 ribuan. Yang penting adalah tipenya sama yaitu CR2032.


 
Cara menggantinya pun juga tidak sulit. Cukup tekan pengunci yang mengunci baterai ke arah samping, lalu lepaskan baterai CMOS-nya.
Setelah baterai CMOS lepas, tunggu minimal satu menit sebelum memasang baterai yang baru. Hal ini bertujuan agar muatan listrik di CMOS hilang. Setelah satu menit pasang baterai yang baru. Perlu diingat dalam pemasangan ini jangan sampai kutub positif (+) dan negatif (-) terbalik, kutub positif (+) berada diatas. Setelah baterai terpasang, nyalakan kembali komputer sobat. Tidak usah kaget saat ada pesan CMOS cheksum error pada tampilan. Masuk saja pada BIOS dan cari load default. Setelah itu komputer akan restart. Nah setelah komputer restart masuk BIOS lagi dan setting tanggal d.l.l. Setelah setting selesai tinggal tekan F10. Nah saya jamin komputer sobat tidak akan reset lagi settingan BIOS-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar