Rabu, 11 Desember 2013

Jangan terburu-buru dibawa ke tukang servis



Beberapa hari yang lalu sungguh hari  yang menyebalkan karena tiba-tiba saja komputerku tidak bisa dinyalakan. Aku dongkol bukan main, bagamaina tidak, komputerku kan belum ada setahun kok udah mati. Akhirnya dengan modal nekat aku bongkar tuh CPU, aku copotin satu-satu komponennya lalu aku bersihin pakai kuas. Mulai dari VGA card, motherboard, psu dan ram. Yang tidak  kulepas hanya prosesor, aku belum berani karena belum punya Pasta Thermal. Setelah semua komponen bersih, aku rakit kembali semua komponen tadi. Dan taraaaa Alhamdulillah komputerku menyala lagi saudara-saudara.
Tapi sayangnya hal ini tidak berlangsung lama. Karena tiga hari kemudian komputerku tidak bisa dinyalakan lagi. Maka akupun merenung sejenak memikirkan kemungkinan komponen yang bermasalah. Pikirku, jika komputer tidak menyala maka kemungkinan terbesar masalah terjadi pada pasokan listrik. Maka jika tidak PSU yang bermasalah maka stop kontak rumahku yang udah soak. Karena uang yang ada di dompetku saat itu hanya 50 ribu, maka aku memutuskan untuk mengganti stop kontak lebih dulu.
Stop kontak yang aku beli bukan stop kontak yang mahal tapi jauh lebih baik daripada yang sebelumnya. Tidak lupa untuk membeli kabel yang bagus dan steker yang tentunya harus lebih baik dari sebelumnya. Setelah steker, kabel dan stop kontak dirangkai dan colokan komputer dihubungkan akhirnya komputerku menyala lagi. Nah bagi teman-teman yang mengalami komputer tidak bisa dinyalakan jangan terburu-buru komputernya dibawa ke tukang servis, dicoba dulu menggunakan stop kontak lain. Karena komputer milik temanku juga pernah tidak bisa menyala dan ketika dicoba menggunakan stop kontak yang lain bisa menyala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar